Header Ads

Bahasa Arab Adalah Bahasa yg Mudah

Banyak orang bilang, bahasa arab itu bahasa yg rumit untuk dipelajari. Banyak kata-kata yg sama penulisannya tapi berbeda maknanya. Ada yg bilang juga, beda penempatan katanya, berbeda juga artinya.

Semua itu benar adanya. Tapi bukan suatu hal yg rumit kalau udah mempelajarinya. Hanya butuh sedikit kemauan dan usaha dalam mempelajarinya.

Bahasa arab adalah bahasa Nabi, bahasa orang-orang surga, dan bahasa orang-orang jenius masa dulu dan masa kini. Mungkin sekarang bahasa arab belumlah setenar bahasa inggris. Tapi suatu saat nanti, bahasa arab akan mendominasi dari semua bahasa.

Seperti yg saya bilang, bahasa arab itu bahasa yg mudah untuk dipelajari. Bahkan lebih mudah dari bahasa nasional kita.


Biar saya jelaskan sedikit tentang bahasa arab.

Ilmu bahasa arab itu terdiri dari dua bagian saja: pertama; disebut nahwu atau dalam bahasa indonesia artinya ilmu yg mempelajari harokat akhir dari setiap kata bahasa arab, kedua; disebut sorof atau dalam bahasa indonesia artinya ilmu yg mempelajari perubahan kata-kata dalam bahsa arab.

Intinya, bahasa arab itu cuma membahas harokat akhir dan perubahan kata-kata. Mungkin pembaca belum paham tentang semua ini. Oke saya kasih contoh:

-Pak Guru pergi ke sekolah = الأسثاذ يذهب الى المدرسة  bacanya: al-ustaadzu yadzhabu ilal madrosati

Nahwu itu mempelajari harokat akhir setiap kata dalam bahasa arab, maka bacaan "dzu" pada kata "al-ustaadzu" menunjukkan dia berkedudukan sebagai subjek. Bila berubah harokatnya menjadi "dza" atau "dzi", maka bisa berubah juga kedudukannya.

Lalu sorof itu mempelajari perubahan kata dalam bahasa arab, maka kata "yadzhabu" itu bermakna "dia seorang laki-laki sedang pergi", jika diubah menurut ilmu sorof menjadi misal: adzhabu, maka artinya jadi berubah "saya seorang sedang pergi" dsb.

Cuma gitu aja belajar bahasa arab. Asalkan kita tau ilmu nahwu dan sorof, maka dengan mudah kita bisa mengartikan kalimat-kalimat dalam bahasa arab.

Jadi ga usah pusing ataupun merasa rumit unutk belajar bahasa arab, karena itu adalah bahasa yg mudah.

Selanjutnya akan dibahas lebih dalam apa itu nahwu dan apa itu sorof serta penerapannya dalam bahasa arab.

Sekian
By Ardi n Lila's Blog. Hope we bw in heaven together. Diberdayakan oleh Blogger.