Header Ads

Tripoli



Tripoli, adalah ibu kota sekaligus kota terbesar Libya. Tripoli terletak di bagian barat laut negara Muslim itu, tepatnya di penghujung Laut Tengah. Penduduknya berjumlah 1.150.000 jiwa(2003). Tripoli yang saat ini sedang gonjang-ganjing alias sedang memanas akibat tidak puasnya masyarakat terhadap pemerintahan rezim Khadafi yang tak kunjung membuahkan hasil meskipun sudah 42 memerintah.
42 tahun berkuasa bukan waktu yang sebentar bagi seseorang untuk siapapun juga. Karena selama masa itu, bisa saja seseorang menjadi penguasa yang membela rakyat, ataupun menjadi penguasa yang lalim atau bahkan penguasa korup, yang akhir-akhir ini
kasus korupsi di dunia sedang merajalela.
Mungkin sebelum akhir-akhir ini, sebelum tripoli bergejolak sebagian dari kita tidak pernah tau kota apa sih tripoli itu? Sebenernya, Tripoli itu kota yang cukup terkenal. Bisa dibilang menjadi salah satu kota wisata dunia.
Diantara sentra wisatanya, ada Museum Nasional Jamahiriya yang terletak di jantung kota sehingga mudah bagi wisatawan untuk menyambanginya. Museum Jamahiriya ini merupakan sebuah museum yang sangat lengkap koleksinya. Sehingga menjadikan museum  ini menjadi salah satu museum terbaik dunia. Museum ini berkisar dari  zaman neolitik(zaman batu) sampai zaman modern. Pameran yang paling mengesankan di museum ini adalah pameran tentang sebuah negara yang merdeka dari pemerintahan Roma. Namun yang aneh dari museum ini, tidak ada satupun dari yang dipamerkan menampilkan gambar Penguasa Negara ibu kota Tripoli, yaitu Muammar Khadafi.
Wisata yang lainnya, ada Kastil Tripoli lebih dikenal dengan Al-Hamra Assai, bukti peperangan antara pasukan Islam dan kristen di abad 16. Sekarang sebagian bangunannya digunakan untuk Museum Jamahiriya. Lalu yang tak kalah terkenalnya adalah Katedral Itali yang sudah berubah menjadi Masjid sejak tahun 1970.
Dari kebanyakan sentra wisata di Tripoli banyak budaya yang bisa kita pelajari terutama bagi kita yang menjadi mahasiswa UGM jurusan sastra asia barat.  Banyak peninggalan-peninggalan berharga yang bisa diteliti dan dipelajari lebih dalam.
Jika kita berbicara spesifik tentang pendidikan, jangan salah dan jangan remehkan kota ini. Setidaknya ada lima Universitas di Tripoli yang lumayan bergengsi. Diantaranya, Alfateh University, Tripoli University, dan Informatcs Tripoli. Ada juga Alfateh Medical Science yang mungkin untuk saat ini sangat dibutuhkan disana. Karena sedang terjadi peperangan yang pasti merengut banyak korban dan membutuhkan pertolongan ahli medis.
Dalam hal olahraga terutama sepak bola, kota ini juga tidak kalah bersaing. Al-madina, Al-Ittihad, dan Al-Ahly adalah beberapa klub sepak bola yang terkenal disana. Kota ini juga pernah menjadi tuan rumah ketika Juventus mengalahkan FC Parma di Piala Super Italia taun 2002.
Banyak hal yang membuat meriah dan super kota Tripoli, namun sayang sekali lagi peperangan menjadi penghapus semua itu. Kami berharap semoga segera selesai dan beres urusan Kota Tripoli. Kasihan rakyat yang tak tau apa-apa akan selalu tertindas dan tertindas.
Kami dari kel. TRIPOLI, tiada kata menyerah, semangat!!!
*sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Tripoli, http://www.liberty-international.org/libya/excursions-tripolitania/
By Ardi n Lila's Blog. Hope we bw in heaven together. Diberdayakan oleh Blogger.